Jumat, 22 Januari 2016

Mengenal dan Bekerja Dengan Browser Internet Explorer

 

 Mengenal Internet Explorer

Pengertian Internet Explorer Lengkap Beserta Fungsinya - Internet explorer adalah sebuah Web Browser Default nya windows yang di buat oleh Microsoft Corporation. Artinya jika kamu memakai sistem operasi (OS) Windows, maka kamu tidak perlu menginstallkan Internet Explorer lagi, karena sudah ada saat kamu menginstallkan windows di komputermu.

 

Kelebihan Internet Explorer :
  1. Pada IE versi 8, grafis lebih terlihat elegan dan menarik
  2. Adanya tab bookmark yang telah terhubung dengan Windows Live tentunya akan memberikan kenyamanan tersendiri.
  3. Untuk kinerja semakin cepat, dapat di kolaborasi dengan Google Chrome Frame
  4. Tidak perlu install tentunya, karena sudah merupakan browser bawaan Sistem Operasi Windows.
  5. Internet Explorer merupakan browser paling stabil dalam hal kinerja, jarang sekali di jumpai browser mengalami Not Responding, debug, atau problem yang lainnya
  6. Didukung penuh oleh Microsoft, sehingga secara rutin menyediakan patch keamanan yang terbaru untuk pemutakhiran penjelajah web-nya.

Kelemahan Internet Explorer :
  1. Kecepatan yang kurang, baik untuk browsing, surfing, download, maupun upload.
  2. Tidak memiliki fasilitas tab. Namun, untuk IE versi 8 fasilitas tab mulai tersedia.
  3. Sedikit sekali plug-in atau add-on yang dapat ditambahkan sesuai dengan kebutuhan kita.
  4. Kurang mampunya membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS). Sehingga seringkali suatu web atau situs tidak terbaca dengan sempurna.
  5. Banyaknya menu dan command bar yang kurang praktis dan membuat bingung bagi orang umum namun hal tersebut dapat dimodifikasi sesuai keperluan.
  6. Internet Explorer merupakan browser paling lemah dalam hal keamanan. Sangat cocok untuk user yang berselancar di dunia maya hanya untuk browsing saja.

Menu - menu Pada Internet Explorer
  • Title Bar     : Berisi judul dari website yang kita buka
  • Menu Bar    : Sederetan menu yang jika diklik akan memunculkan sub menu dibawahnya. Menu bar terdiri dari File, Edit, View, Favorites, Tools, dan help
  • Standard Toolbar : Berisi icon-icon standar pengoperasian internet
  • Address Bar : merupakan bagian tempat mengetikkan alat web yang akan dikunjungi
  • Link : penghubung ke alamat website tanpa mengetikkan alamatnya di address bar. Dapat ditambah dan dikurangi
  • Workspace : Tempat ditampilkannya halaman web yang diminta
  • Status Bar : menunjukkan proses loading halaman web

Sejarah Internet Explorer
 
          Proyek Internet Explorer dimulai sejak musim panas tahun 1994 oleh Thomas Reardon menggunakan kode sumber dari Spyglass, Inc. Mosaic, sebuah peramban web komersil baru. Di akhir 1994, Microsoft melisensikan Spyglass Mosaic.
Windows Internet Explorer yang sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus for Windows 95 (Inggris) pada saat itu.
Internet Explorer digunakan secara luas sejak tahun 1999, meliputi 95% dari keseluruhan penggunaan peramban web selama tahun 2002 hingga tahun 2003 dengan Internet Explorer 5 dan Internet Explorer 6. Lama kelamaan, ia kehilangan pangsa pasar sejak terlibat dengan kompetisi peramban web, dan kini meliputi 55,92%. Microsoft telah menghabiskan dana hingga 100 juta dolar per tahun untuk mengembangkan Internet Explorer di tahun 1990an, dengan 1.000 orang yang bekerja di dalamnya.
Sejak rilis pertamanya, Microsoft telah menambahkan fitur dan teknologi seperti penampilan tabel dasar (di versi 1.5), XML Http Request (inggris) (di versi 5) yang membantu pembuatan halaman web, dan Nama Domain yang Terinternasionalisasi (di versi 7) yang memungkinkan situs web yang menggunakan alamat berkarakter non-Latin (seperti karakter Kanji) diketikkan secara normal pada address bar Internet Explorer.

Cara Menggunakan Internet Explorer

1. klik double (klik 2 kali ) pada lambang internet explorer
2. Bila anda mendapatkan sofware dari Indonet, maka di layar pertama yang muncul adalah home page Indonet.
3. Bila anda menggerakan tanda panah di homepage, dan tanda panah berubah menjadi gambar tangan maka hal ini berarti anda dapat memperoleh informasi yang lebih terperinci dengan mengklik judul/gambar tersebut.
4. Bila anda sudah mempunyai alamat tujuan, ketikan alamat tujuan di kotak alamat/address yang terletak di bagian atas layar. Contoh : http://www.kompas.com
 
· Cara mencari data
  1. Pilih menu Search lalu ketik topik yang di cari pada tempat yang tersedia lalu klik Search atau tekan Enter. Setelah itu akan tampil daftar alamat dan ringkasan/ abstrak yang berhubungan dengan topik tersebut.
  2. Untuk membukanya, klik alamat yang dipilih.
· Cara menyimpan alamat penting
  1. Anda dapat menyimpan alamat yang menarik untuk dikunjungi di lain waktu dengan cara : klik Favorites à Add to Favorites. Pilih folder yang inginkan dan edit namanya sesuai keinginan.
  2. Untuk menghapus dari list alamat di Favorites, pilih Favorites à Organize Favorites à klik satu kali di alamat/folder yang akan dihapus, dan klik Delete.
· Cara Menyimpan Informasi ke Disket/Hardisk
Pilih File à Save as File à pilih disk drive atau directory di mana file akan disimpan àketik nama filenya à klik OK.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar