Jumat, 22 Januari 2016

Fasilitas - Fasilitas Layanan Informasi di Internet

Internet adalah jaringan internasional yang menyediakan beberapa macam layanan atau fasilitas untuk pengguna yang ada di seluruh dunia.Beberapa layanan akan dijelaskan berikut ini.
 
 1. World Wide Web (www)

        www atau sering disebut web adalah fasilitas layanan paling populer di internet. Web memberikan layanan mencari informasi dan data dengan mudah,dan disajikan dalam halaman web. Kumpulan halaman web disebut website.Internet merupakan tempat terjadinya arus lalu lintas data.sedangkan www adalah browsernya yang memudahkan melakukan surfing (menjelajahi internet) dan menampilkan data yang diinginkan.
 
2. Browsing/Surfing

          Browsing adalah layanan internet yang fungsinya untuk menampilkan situs/website untuk mencari informasi.Program yang digunakan untuk layanan ini misalnya Internet Explorer,Mozilla Firefox,Opera,Netscape Navigator.
Untuk melakukannya kita harus mengetik alamat website pada Address.Misalnya www.detik.com.
 
3. Electronic Mail (E-mail)

           Email adalah layanan untuk pengiriman surat elektronik.untuk mengirim email kita harus mempunyai email atau mailbox. mailbox bisa kita buat lewat website yang menyediakan layanan tersebut. contoh yahoo.com.

4. Newsgroup

 

         Merupakan fasilitas layanan internet yang bisa digunakan berkomunikasi dan berdiskusi membahas suatu topik di sebuah forum antara pengguna satu dengan pengguna lain. Grup-grup bisa menjadi sarana pertemuan jarak jauh secara elektronik. Contohnya tentang serial tv alt.tv.x-file.

5. Internet Fax

            Layanan ini bisa digunakan untuk mengirim fax yang dilakukan melalui mesin faksimili. Aplikasi ini mudah digunakan dan biaya pengiriman dihitung sebagai biaya lokal.layanan ini bisa mengirimkan faksimili dalam jumlah sangat banyak.

6. File Transfer Protocol (FTP)


 
          Layanan ini paling banyak digunakan untuk lalu lintas file.pengguna dapat mengirim file yang berisi tulisan, gambar, animasi, musik, atau game kepada rekannya, dan memungkinkan pengguna untuk menyalin file secara elektronik dari satu komputer ke komputer lain dalam internet.
 
7. Internet Telephony

         Fasilitas ini memungkinkan pengguna berbicara melalui internet layaknya pesawat telepon. Terminal yang digunakan berupa komputer yang dilengkapi alat penerima dan mikrofon. Alamat yang menyediakan informasi lanjut tentang layanan ini adalah www.buddytalk.com
 
8. Telnet 
          Layanan internet ini dapat digunakan untuk berbincang dengan kompleks ,yaitu dari suara hingga gambar, kita seolah-olah berhadapan langsung dengan lawan bicara.fasilitas ini adalah pengembangan chatting.ada komputer yang digunakan untuk teleconference ini harus dilengkapi web camera (webcam), sound card, tv tunner, dan VoIP.


9. Mailing List


           Mailing List atau milis adalah layanan internet sebagai pengembangan email yang berfungsi untuk berdiskusi. Kita dapat menyampaikan pengumuman seperti artikel menarik, lomba pidato. Setiap email yang dikirim akan sampai pada seluruh anggota sehingga dapat informasi. Untuk mendapatan layanan ini anda dapat memanfaatkan www.yahoogroups.com.
 
10. Internet Relay Chat (chatting)

          Fasilitas ini digunakan untuk melakukan perbincangan melalui internet menggunakan teks. Saat ini, para pengguna yang telah melengkapi perangkat komputer dengan webcam, pengguna dapat melakukan chatting dengan melihat wajah rekan yang diajak berbicara. 

sumber: http://rizkikaym1204.blogspot.co.id/2016/01/fasilitas-fasilitas-layanan-informasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar